Friday, September 14, 2007

Ramadhan Kareem

Rasanya beda, kalau ada yg perhatiin ttg agama kita di kingdom ini. Terharu. Beberapa hari sebelum puasa, suatu siang, sehabis dari Bkk, gw sedng bersama Indri di dapur, tahu2 supir gw (khun Akhom) tanya : "madam, kapan madam mulai romadhon (padahal dia buka org jawa lho), katanya ?. Hebat nggak. Ada orang sini ngerti puasa. Yah dia sudah menjadi supir kita selama hampir 4 tahun, sejak hari pertama kaki kita menginjak thailand. Memang sebelumnya dia penah kost sama haji selama 15 tahun. Tadi, dah selesai buka dan setelah selesai makan malam, semua sedang sholat. Tahu2 ada yg ngebel rumah. Ya diabiarin atuh, dah lama....banget, selesai sholat. Gw iseng lihat ke luar, siapa tahu masih ada orang yg ngebel tadi. Eh rupanya pembantu gw. "Madam, ini masih hangat untuk madam habis buka puasa. Dia ngasih panganan sejenis kue nagasari. Coba, gimana gw nggak cepet laporan sama suami, ttg kelakuan para staff kita. Terharu. Memang staff di rumah kita, Alhamdullilah, sampai saat ini, i/Alloh seterusnya, pada baik2 dan jujur itu yg penting. Pembantuku malahan karena tinggalnya dibelakang rumah kita, deket masjid. Tetangganya Islam deh rata2. Setiap datang ke rumah kita, selalu bilang Assalamualaikum. Sampai nyokap, mertoku, kakak2ku, sampai heran, kok kamu bisa dapat pembantu agama Islam. Yah bukan, cuman karena dia aja tinggal disini di kampung orang2 beragama Islam, jadi bisa salam. Enaknya lagi kalau aku minta tolong beli makanan, wah dia yg ribut sama yg jual, no moo!, khun islam. Pokoknya kalau beli apa2 dia dah tahu yg ada lambang halal. Supir gw tiap ada rest baru lambang halal aja dia yg kasih tahu. Sayang semuanya di Pattaya, dan biasanya warung2 kecil, mana nih rest besar. Belum lagi satpam di perumahan ini, lha yah kebetulan beragama Islam. Dah gitu kok yah rumah kita ini no1. Jadi pas diujung pintu gerbang, pas didepan si satpam jaga. Jadi setiap mobil gw mau masuk, dia pasti yg buka pagernya, bukan tugas dia lho. Supir gw jadi keenakan, hi..hi.. nggak pernah turun mobil, tunggu si satpam aja. Jadi kita mah disini sering banget disapa Asslammualaikum. Beda lho rasanya kalau tinggal di negri yg mayoritasnya bukan orang yg beragama Islam. Serasa di Indo. Yuk semoga kita bisa menikamati indahnya bulan ramadhan. Ayo pada shaum.... !!. Ibadah.. !! Taqabalallahu Minna Wa Minkum Shiamana Wa Shiamakum.