Wednesday, September 20, 2006

Coup D'etat

Mustinya hari ini Emir ada field trip bermalam ke Bkk dengan sekolahnya. Berhubung ada coup jadi field tripnya akan direschedule deh. Nguantuk banget deh tapi nggak bisa tidur euy...banyak kerjaan. Tadi malem sekitar jam 10-an kurang deh sedang leyeh2 di kamar siap2 bakal tidur. Tahu2 Dudi yang tadinya sedang berasyik masyuk sama inetnet, masuk kamar trus cepet2 pindahin channel TV aja. Lho..lho... bingung!!. Kata Dudi, ada coup nih di Bkk. Apaan sih. Gw nggak ngerti deh, ngomong apa yah suami. Akhirnya yg ketangkep BBC. Secara semua siaran lokal nggak ada berita apa2 semuanya sama memutar lagu2 patriotik dan documnetary film ttg raja. Wah bener2 nih ada apa2, kata Dudi. Sayup2 gw baru ngerti dikit2, habisnya yah Dudi sambil cerita and sambil cari2 siaran ttg coup ini. Rupanay tadi lagi internet tahu2 pop keluar cnn breaking news. yah itu tadi berita coup di Bkk. Oh gitu.... Trus kita langsung deh serius dengerin BBC. Hah..!! deg2an daku. BBC melaporkan juga bahwa nggak cuma siara TV saja yg di block tapi juga siaran radio telah diblock 2 jam sebelumnya. Peraasn keadaan semakin mencekam..... Dudi segera telp Tobin (HR director). Orang yang harusnya paling tahu duluan kali. yg bisa kasih tahu yah kalian semua orang asing diharap evakuasi, cepat!!. Yg kaya jaman di Indo dulu, jaman reformasi. Wuah kacau!!. Oh tetapi kali ini tidak.... Rupanya doi juga sedang sama2 mendengar berita. Belum ada apa2 katanya just keep your phone on. Dudi tanya ada uang cash nggak kita. Banyak..?? yah nggak ada. Dollar?? waduh dah disetor di Indo. Nyisa dikit. Yah udah deh saya ke ATM bentar, siap2 cash. Titip yah pa... susu Farah habis!!. Hi..hi..suami tengah malem suruh belanja. Sementara suamiku pergi, itu telp dia satu lagi bunyi. Itu no telp dah lama gw yg pake, masih aja orang kantor nyasar melulu ke gw. Wah pesan berantai isinya, kode2 rahasia buat para employee yg harus segera disebarluaskan. Kagum juga gw nih ama GM. Kayak tentara aja berita dan kode2 tertentu kalau dalam keadaan gawat cepet. dan dalam hitungan sekian menit harus segera disebarluaskan ke kode2 tertentu orang tertentu atau apa lah istilahnya. Udah state of emergency. Wduh... apa harus angkat kaki. Ah nggak lah....nggak mungkin...sambil terus gw nonton TV. Cepet2 gw telp Dudi biar dia segera sambung mentyanbung berita dari kantor itu. Sambil bilangin ke dia cepetan pulang!. Secara dia tuh hoby banget belanja. gawat khan kalau lama2. Walhasil karena harus telp ke orang2 jadilah kita nggak tidur2. Gw nemenin suami. Tapi akhirnya gw tidur juga setelah jam 1 an. Lah bangun jam 5 an. Gw masih setengah sadar. Dudi masih aja dapat telp sana sini. Akhirnya ya begitu. kanto2 libur, banks, sekolah2. Natiopnal holiday. Gw dah keburu nggak nyiapin anak buat sekolah. By the time gw bisa reach the school (yg daritadi sibuk terus linenya), it was too late.... ternyata sekolah mereka buka bo!!. Wah gimana.... . Yah kata the headnya sih boleh nggak masuk. Diserahkan kebijaksaan masing2 parents. Nih sekolah bener2 aneh. Plin plan. Sama ama kantor suami. Libur tapi dia masuk juga cuman tempatnya pindah. Jadi hayo...rame2 pada ngantor di Pattaya aja di Dusit hotel. Wah.... Gw juga ikutanlah. Nggak dirumah. Ama anak2 makan siang...., belanja2..... lho khan mau puasa. banyak yg musti dibeli buat persiapan sahur dan berbuaka. Pokoknya keadaan disini mah aman terkendali. Seperti nggak ada kejadian apa2. kagum gw. Hebat. Dari semalem juga sejak nonton TV. Sejak kemaren siang para protestans, demonstrans yg berjuta2 turun ke jalan protest terhadap PM thailand. Biasa2 aja. Protesnya rapih, jalan rapih padahal kalau lihat jumlah manusoianya ngeri, tumplek blek. Macet total sana sini. NGgak ada kendaraan bermotor. Isinya manusia semua sedang march. Tapi liat muka2 mereka, serasa aman...bo!!. Nggak ada tuh muka2 bringas, marah2 serem2, apalagi bakar2, riots, nyolong, rampok...weks...kayak di indo jaman reformasi. Pikiran gw giman gitu... soalnya gw nih sedang baca buku baru yg dibeli lewat amazon.com di US. Biasa buku sejarah... ttg raja thailand, sejarah thailand, politinya..... . Pokoknya buku baru dah. Up to date beritanya. Isinya salah satu yah bahwa negara ini emang udah berkali2 coup d'etat. makanya gw aneh rasanya. peraasn baru baca coup kok sekarang ada coup beneran. Mimpi gw yah... Tapi yah ini bener coup yg friendly deh. Didukung oleh rakyat. Tidak ada satupun terdengar suara fired. Tidak ada korban jiwa. tidak gonjang ganjing. Negara orang kok bisa gini..yah. Ngiri daku. Gw yg tadinya ada rencanya mau ke bkk bareng temen mau lunch. Jadi nggak jadi deh. Bukannya takut serem. Cuman takut macet. he..he...lah semua orang pengen foto2 ama tentara atau ama tanks. Atau mau salaman, kasih bunga, dll....(padahal gw juga pengen foto2 sih... abis aman gitu coba.)