Saturday, July 22, 2006

Cerita di Indonesia

7 July,06 Musim kenaikan kelas, anak2 libur lebih dari 2 bulan. Kesempatan ini kita gunakan untuk liburan di Indonesia sambil mau nyunatin kedua anakku yg ganteng2. Arif (ganteng I) dan Emir (ganteng II). Siap2 dari subuh, koper rasa2nya i/Allah udah beres semua. Nggak ada yg ketinggalan, ntar dulu, coba2 pikir dulu, oleh2? contreng, titipan temen2? contreng, baju2? cukuplah, khan bisa dicuci contreng, perlengkapan mandi? yah cukuplah disana juga tersedia contreng, sandal? contreng, pa lagi, lihat catatan dulu, ok deh beres. Bismillahhirohmanirohim.. Yuhuu....Indonesia! kita datang. Berangkat kita ber-empat. Aku dan anak2 saja. Naik Kuwait. Dudi berangkat besoknya, sabtu. Khan masih ngantor..biar nggak kelamaan cuti. Dia naik Garuda. Lho kok nggak bareng!, hi...hi.. soalnya Kuwait murah tapi cuman ada hari rabu dan jumat. Kalau Garuds setiap hari & harganya sedang mahal2nya. Dudi maunya pulang hari Senin depan. Kalau Kuwait khan nggak ada. Pulang rabu yah kelamaan dong ninggalin kantor. Ha..ha..alasan! eh emang iya kok, selain itu (nah ini nih yg menjadi pertimbanagn) gara2 begini kita bisa menghemat 500 US Dollar, yah dilakonin lah. Mengingat berdasarkan pengalaman jika kita liburan ke Indo pasti deh uang mengalir deras..., boros!. Hueran...!! Tiba di airport 2 jam sebelum take off. Musti buru2. Biasa tea, airport Thailand sekarang udah tidak memadai lagi, harus segera pindah ke airport baru (swarnabhumi). Tiap2 walaupun keberangkatan atau kedatnagn, ini airport sibuk terus. Pagi,siang,malan nggak brenti2nya deh. Antrian imigrasi dong, puanjang....!!! Hebat lah pokoknya banyak turis. Gw bawa 2 koper besar plus 1 travelling bag bw di cabin. Tentu saja berat ini masih jauh dari yg diperbilehkan. Semestinya khan dengan 4 orang berangkat, jadi jatah total bagasi bisa 100 kg, sedangkan gw cuman 61 kg aja totalnya. Yg berat juga oleh2 pastinya, tapi khan sengaja bw koper besar biar pulngnya bisa isi banyakan. Tahu2.....nah nih dia nih eng..ing...eng...!!, orang di depan gw nih, rupanya abis brelanja gila2an pokoknya. Gw aja ampe terheran2, wong cuma 3 orang kok, koper bisa 30 ( ini dihiperbolis, untuk menggambarkan betapa saking banyaknya tuh koper!! and gendut2!!, saking kelebihan muatan ). Yah tentu aja mereka musti bayar uang. Yang herannya kok mereka heran, hi..hi..hi.., kebalik. Anyway dengan musti mereka bayar sebesar kira2 Rp. 500.000 buat bagasinya and so on and trus...trus....(dalam hati gw dah mulai ngira2 apa maunya nih) ngeliat gw kok yg cuman segini. Ah udah deh dapat ditebak!. Biasa deh orang indo khan pada pinter2. Tanya2 gw bisa gag nebeng2 gitu biar nggak terlalu bayar mahal lagi. Soalnya datang lagi bo! koper2 tambahan mereka! busyet deh. Nah ni dia nih, gw pada daearnya yah baik pingin nolong juga sesama orang Indo itu. Tapi yah takut juga lho, siapa tahu di kopernya ada barang2 terlarang. Ntar gw bisa kesangkut paut lagi, gimana dong...??!!. Tapi yah dasar gua pengecut, nggak berani nolak, yah gw bolehin deh. Eh temennya, ngeliat dia bisa minta tolong ke gw. Dengan beraninya nggak tahu malu minta tolong ke gw juga, aduh gimana yah... si crew yg di check in nya sih terserah gw. Dia sih tahu2 aja. Kita bukan sodaraan cuman sebangsa dan setanah air, dah gitu pake bilang ke petugasnya kalau gw tuh her sister ( he..he..pinter pisan). Terpaksa deh gw dengan malu2 nolak permintaan ini, hi..hi...(akhirnya gw punya juga nyali, dasar penakut!). Eh dia bilang lagi ke temennya yg satu, kalau dia nggak bisa nebeng ke gw. Jadi dia musti bayar dendanya dengan jumlah besar. Dia bilangnya gini lho ke temennya : si kakak (ngomongnya nih sambil ngomong juga ke gw!), nggak bisa bantuin gw nih, padahal petugasnya sih ok2 aja. Hah!!, kakak lagi!! enak aja, gw khan bukan kakak loe, lagi!!! ( dalam hati lho, mana berani gw ngomong begini, gw khan cuman berani ngomel2 dalam hati ). Ha..ha...ha...sutralah gw iklas kok nolongin tuh orang. Untungg.....!! nggak terjadi apa2. Gw dah berdoa2 supaya tuh orang2 pada baik2 jangan ada barang2 terlarang. Beres deh soal imigrasi yg puanjangg....!!, trus jalan2 bentar, lihat2 siapa tahu bisa belanja2 lagi di airport. Gw pingin kasih minyak wangi bw ibu gw. Mau masuk ke pesawatnya (kuwait airways), kita2 semua diperiksa habis2an. Perempuan masuk bilik khusus. Hah...??!! yah bagus juga sih buat keamanan kita2 juga. Siapa tahu ada teroris. Padahal gw juga takut tuh ama arab2 petugas yg gerombol2 dideket masuk ke belalainya. Tampang2nya juga model2 kayak yg di TV. He...he... samaan ya. Mereka takut ada teroris, gw juga takut kalau mereka tuh teroris. Itu belim selesai lho, masuk ke pesawatnya, di pintu pesawat tuh abis memperlihatkan boarding pass yg ada nomor tempat duduk, kemuadian orang2 diperiksa kembali!, perempuan ke bilik khusus (tempat mereka siapin minum2 dan makan2), sampai anak2 gw yg ganteng2 itu bingung, kok jadi pisahan ama mamanya. Wah..wah..ketat juga yah pemeriksaannya. Satu pesawat dengan tkw gw banyak denger cerita2 bagus, Alhamdulillah. Tapi pas turunnya dong, begitu siap2 mau keluar pesawat, tiba2 perempuan di depan gw, Astaghfirulahalazim...dah persis kaya selebritidi indo jaman sekarang ( nggak semua lho ). Tiba2 dia buka jilbabnya trus baju luarnya, sekarang dia dah menjelma pakai celana panjang plus kaos yg seksi...banget hampir kelihatan deh tuh dah setengah, hahh..??. Terakhir, gw berharap semoga mereka2 pada mendapat perlakuan yg bagus dari petugas imigrasi. Dimudahkan dan dilancarkan. Karena saking banyaknya mendengar cerita2 ttg pemerasan thd tkw2. Ini belum selesai lho, sampai di luar, kita2 udah dijemput ama bapaknya Dudi, cihui....!! anak2 seneng, tapi yg paling seneng yah mbah nde dong ( mbah kakung ). Melihat cucu2nya. Habis itu penderitaan dimualai. Perjalanan sampai rumah 4 jam saja. Saking macetnya!!, begitu sampai rumah, wadoh leganya...Alhamdullillahh... ---------------------------------------- 11 July, 06 Hari ini di rumah mertua ada pengajian. Pak Ustadnya bilang kalau yg bagus untuk menyunatkan anak itu antara umur 7 - 10 thn. Wah pas dong yah buat Arif dan Emir. Arif 10 tahun, Emir beberapa hari lagi 8 tahun. Jauh2 hari kedua anak itu udah kita bilangin bahwa mreka nanti akan disunat. Sunat itu wajib bagi laki2 muslim. Sampai saat ini sih kayaknya yg siap Arif. Kalau Emir kelihatan kalau ketakutan. Tapi yah mau juga soalnya bareng sama kakaknya. Plus diiming2in terus sama Dudi kalau nanti bakalan dapat hadiah uang buanyak...banget, sesuai budaya di Indo kalau anak habis disunat. Selesai pengajian, ibu2 pengajian udah kasih amplop aja buat Arif dan Emir. Hi...hi..hi..mereka senyum2. Belum disunant udah dapet uangnya. Sore2 ke dokter. Bismilahhirohmannirohiim.., yang masuk ruang operasi, si ganteng II (Emir) duluan. Karena dia yg takut jadinya harus dia yg duluan. Kalau ganteng I dulu (Arif), nanti malahan tambah takut. Gw ikutan masuk r. operasi. Tadinya sih Dudi bersikeras kalau dia nggak mau nemenin anaknya masuk. Takut. Kamu aja Lis, katanya ( ini ngomong terus nih dari dulu dulu sekaleee.... ). Yahh......gimana sih. Yah terpaksa gw berani deh sendiri. Nggak papa kok, gw bisa i/Allah. Gantian dulu gw melahirkan 3 anak, suami gw selalu mendampingi gw ngelihat proses melahirkan. Eh tapi tahunya hari ini akhirnya dia jadi masuk juga nemenin Emir. Kenapa jadi berubah pikiran ??, kayaknya ibunya tadi malem ngomong deh ama Dudi. Di r. operasi terjadilah kelucuan2 dan ketakutan2. Emir nih maunya ngeliatin terus apa yg sedang dilakukan dokternya, padahal takut. Dikit2 bilang ama dokternya What are you doing ??!, what are you doing now ??!, is it done yet ??!, are you done ??!, Emir..... mulai juga belum udah heboh. Dokter dan suster2 pada ketawa. Dah emir sini hold my hand, berdoa sama mama, trus kita berdoa deh keras2, sambil kepala Emir tuh mau lihat2 terus. Ampe gw tahan tuh kepakla biar diem aja. Selama disunant nih (padahal sih cuman sebentar), Emir teriaknya, bo...!!, padahala dah disuntik kebal, saking takutnya jadi teriak gini I hate you (sama dokternya), hush Emir. Lucu banget, gw pengen ketawa tapi khan off course nggak sopan. Untung dokternya baek deh. Tapi bener lho ibu2 sekalian, gw ngeliatin sendiri betapa sunat itu peristiwa mengerikan. Dokter tarik kulitnya, trus digunting, pelan2 lagi guntingnya, wadow, kasihan banget anak gw. Abis itu dijahit. Semuanya sih pake ssistem jaman sekarang yang katanya di laser. Tapi tetep aja, duh..ngeliatnya. Tapi tentu aja gw pasang tampang nggak takut, khan mesti membesarkan hati anak. Padahal...... . Kemudian menit pun berlalu. Akhirnya selesai deh ganteng II, pakai celana sekarmng, trus jalan keluar ama papanya. Gaya dia. Mas...your turn now. Ganteng I sekarang siap2. Arif tanya, is it hurt Mir ??!!, No! kata Emir. Ketawa2 dia. Masuk r. operasi, sekarang ganteng I ama gw. Bismillahhirohmannirohim. Lay down mas, yuk berdoa sama mama, dia kayaknya lebih tenang. Oh...ntar dulu...ternyata salah perkiraan semua orang. Yternyata ganteng I nih yg belum apa2 udah panik dan kelihatan aja mau marah ama dokternya. Aduh kasian deh nih dokter, mimpi apa yah semalam kok ada 2 anak pada ganteng2 tapi pada galak2 tapi pada mau disunat. Suntik kebal sekali, woah..!! Arif teriaknya bo..!!, Emir aja kalah keras !! ampe doktrnya bilang, lho kayaknya dia lebih sensitif nih. Suntik lagi deh, tapi nanti jangan heran yah kalau beberapa hari kemudian agak bengkak kulitnya. Itu nggak papa kok. Nanti sembuh. OK. Jadi 2 kali deh Arif suntiknya. Untung kali ini tidak ada sumpah serapah yg keluar dari mulut si ganteng I. Yg ada malah ketawa2. Alhamdullillah... . Sekarang gw lihat anak2 gw jadi tambah ganteng2 aja. Pulang ke rumah mertua. Disana orang serumah udah pada siap2 aja katanya bakalan denger teriakan and nangis2 keras. Karena menurut pengalaman2 sebelumnya para keponakanku tuh pas pulang ke rumah wah pada heboh. Nagis super keras dan super manja harus dikipasin t****nya setiap saat (ngipasin terus sepanjang malem). Woah beda dong anak gw. Gw dah senyum2 geer bin bangga aja. Anak2 baik kok. Para pembantu ampe heran. Nanya ama mertua, itu anak2 udah pada disunan belum?. yah udah dong. Kok pada baek2. Pinter2. Hi..hi.. gw diceritain ama mertua jadi tambah geer. Anak siapa dulu dong... Malam demi malam pun berlalu dengan nyaman. Alhamdulillah.. ----------------------------------------------------------------------- 14 July,06 Seharusnya sih menurut kata orang2, anak2 pasti udah bener pulih. Eits...belumm. Penederitaan ternyata baru dimulai. Pagi ini kedua anak ganteng siap2 mau dibersihin lukanya. Aduh...kasihan banget deh sama anak2. Mereka pada nangis2, kesakitan banget. Gw yg biasanya tegarwati kali ini luluh juga tes..tes..ngeliat anak gw. Hu..hu... emang sakit yah Dudi gw tanya ama suami gw. Kata dia sih wah jaman dulu, lupa tapi kayaknya nggak sakit, dulu nggak pake dokter, malah pake bambu tajem atau apa sih katanya, pokoknya cepet banget. Wah kali ini gw pun ikutan bombay dikit (dikit aja lho, kalau kedua anak itu lagi nggak ngeliatin gw). Terus malemnya, ganteng I nggak bisa tidur!!. Dia kesakitan banget. Nuangis merengek2. Bener kata dokter. Akibat disuntik dua kali, sekarang ada masalah ama kulitnya, jadi agak bengkak. Nah itu yg sakit. Obat penahan rasa sakit kayaknya kurang mempan. ---------------------------------------------------------------------------- July 15, 06 Hari ini ada syukuran di rumah mertua. Kita nggak ngundang banyak2. Secukupnya saja. Saudara2 dekat dan teman2 dekat. Anak2 kalau siang lupa sama sakitnya. Mereka senang banyak saudara. Dan tentu saja banyak terima amplop. Tapi Emir harus selalu diingetin, dia suka lupa jaga image. Setiap ada yg kasih amplop, kelihatan betul senangnya. Sampai pingin segera dilihat isinya. Kalau dia berhasil intip secara cepat trus dia tanya. "Mam, how much is the blue one" (maksudnya uang yg berwarna biru). Waduh...!! itu yg ngasih juga ikut malu. Atau begitu dapat 2 amplop "mas I got 2". --------------------------------------------------------------------------------- July 17, 06 Setiap malam Arif kesakitan, nggak bisa tidur. Gw sampai ngomong ama suami gw kalau gw aja melahirkan 3 kali normal semua, tapi sesudah melahirkan, nggak sakit. Aduh.....kasihan banget deh pokoknya. Bohong ajalah kalau ada yg bilang nggak sakit trus malahan udah pakai celana dan lari2. Ah bohong lah. Pakai celana sih yah emang bener pakai celana. Tapi sakit. Kecuali yg disunat sewaktu masih bayi barangkali. Gw sampai meneysal kenapa gw nggak sunatin anak2 gw dari bayi aja. Yah habis emang nggak tahu kok. Khan itu memang tradisi. Kedua anakku itu khan lahir di Indo. Kalau gw tahu sih lain cerita. Sama seperti anak laki2 di Amerika. Mereka dapat disunan dari bayi atau sama dengan orang Yahudi kali yah yg disunat dari bayi juga. Gw jadi inget temen gw di Thailand. Marwa, dia orang Mesir, agamanya Islam. Komentarnya waktu tahu aku baru mau nyunatin anak2 adalah : Lisa you're so cruel !!. Karena anaknya sudah disunat sewaktu bayi. Hemm..... . Anyway gw nggak boleh gitu deh, gw berusaha menenagkan hati gw sendiri. Inget kata ustad. Akhirnya sore ini jadwal ke dokter untuk periksa kembali. Emir sih OK. Arif udah nangis aja ngeliat dokternya. Begitu dokter periksa, dengan gerak cepat, pencet sana pencet sini. Arif teriak. Selesai. Beres. Tapi gw ngeliatnya lega.....banget. Mudah2an berakhirlah penderitaan Arif. Pulang dari dokter kita mampir dulu di Plaza Semanggi mau makan enak seleranya anak2 yaitu pizza dan sebangsanya. ------------------------------------------------------------- July 21, 06 Kembali pulang ke Thailand. Pesawat yg jam 11 malem. Ke airport dianter sama kakak gw sekeluarga dan nyokap gw. Alhamdulillah.... kedua anakku tlah sehat seperti sedia kala. Yang paling lega bin senang adalh gw!. Wah bangga sekarang melihat kedua gantengku itu. Bisa jalan sempurna lagi. Kakinya udah nggak dimenceng2in. Hi...hi....gw inget kemaren2 (sekarang sih bisa ketawa), gw sampe takut lho kalau setelah anak2 sunatan, nanti jalannya tetep gitu (kakinya menceng2 nggak keruan). Nggak bisa berubah lagi. -------------------------------------------------------- July 22, 06 Sampai di Thailand. Berhubung sampainya jam 2 dinihari yah jadi dah ganti hari dong. Wah naik Kuwait airways ini bener2 ketat pemeriksaannya. Tahu nggak, begitu kita keluar dari pesawat, lmasih jalan di belalainya. Semua penumpang yg turun di Bkk, diminta untuk menunjukkan sobekan boarding passnya. Huh!!. Tapi yah sudahlah lagi2 gw berpikir untuk keselamatan kita semua. Begitu ngeliat gw dan anak2, yg jalannya semua udah pada sempoyongan, anak2 baru bangun tidur, gw sambil ngerogoh2 tas cari2 sobekan ticket. Si Arab itu kasian ngeliat gw. OK Madam you just go ahead. Wah..thank you..... tapi hati2 lho mas untung gw emang bukan teroris. Coba kalau suatu hari nanti ada teroris beneran sambil bawa anaknya gimana... July 10, 06. Anak2 ziarah ke makam opanya (alamrhum papaku) july 11, 06. Ganteng II foto dulu dong sama Dr. Bambang sebelum masuk r. operasi July 15, 06. Sama mbah ii dan mbah nde sama oma dan uwak Syafik (belakang kanan) hari ini Emir ulang tahun yg ke-8 Farah yg selalu manja dengan mbah nde july 21,06. Sebelum pulang ke Thailand. Potong rambut dulu dong.. Bandara Cengkareng. farah manja sama uwak Syafik