Thursday, April 13, 2006

Inget tempo dulu

Akhir2 ini gw lagi seneng banget sama jajanan Indo seperti risoles, kroket, bitterballen, emang sih bisa bikinnya. Yg menurut Dudi emang enak dan top-lah. Kata Dudi lho....tapi yah weleh, rasanya pingin tinggal makan aja. Jadi akhir2 ini sering banget cari2 resto Belanda. Hm.... tidak mengecewakan sama sekali. Ternyata yg namanya kroket itu nggak pakai kentang yah. Kalau bitterballen sama persis. Perkedel juga beda. Tapi kalau risoles nggak pernah ada, tanya ama yg punya lho kata dia itu mah makanan Indonesia. Oh.... tapi satu yg sama, sama2 uenak...!. Ternyata makanan2 itu di indo juga rasanya yah begitu itu kaya di Holland, percis!, jadi nggak dirubah2 biar rasa kaya lidah Indo. Kue2 gaya begini dulu suka ada di rumah alm oma gw. Kamis lalu kita sekeluarga ke Rest Mata Hari yg baru, katanya termasuk the best in town di pattaya. Rest Belanda. Hm..... ternyata itu rest fine dining. Weh yang punya bo!. Orang Belanda yg lahir di Sulawesi. Jadi yah bahsa indo sedikit2 banget aja sih bisa. Interiornya hm......bagus!. Suasananya nggak asing buat gue. Serasa kaya di rumah. Sofa2 Eropa, kursi2 Raffles, bantal2 batik, lemari2 gaya voor de orloog (?), jendela2 stainned glass, taplak2nya yg putih semua, seragam2 pelayannya, hi..hi..ini gw ada dimana sih di Jkt apa di pattaya. Penataannya kaya rumah gue dulu. Maksudnya rumah nyokap di bdg, sby dulu. Alm papa tercinta khan kolektor furniture antik. Kursi2nya, wadow, jadi pingin nangis lihatnya, taplak2 putih ?, ibu gue seneng banget tiap pesta pakai taplak damask putih, jendela2 ?, aduh ini bener2 deh kaya rumah gw dulu. Oh ya lupa lampu mejanya, aduh percis. Cuma dia nggak ada lampu gantung Jawa aja deh. Coba kalau ada gw nangis beneran kali. Pingin pulang, meluk mama. Ingat alm ayahanda. Emang, alm ayahanda sudah hampir setahun meninggalkan kita, tapi yah itu masih sedih...sekali. Ingat ucapan2 nya, tongkat kebanggaanyanya yg kuno, gayanya yg miyayeni. Oh...begitu rasanya sewaktu ayahanda berpulang tapi kita nggak sempat lihat terakhir kali. Tentu gw iklas, tahu dan sadar, dan usaha bahwa salah satunya bila kita menjadi anak yg sholeh dan berdoa, maka doa2 dari anak yg sholeh itulah yg membuat tidak terputus amal ibadah alm. Tapi tetep ada aja rasa kangen, pingin peluk ayahanda, cium tangannya, pipinya, omomg2. Maka kalau bisa omong sama temen2 di perantauan, pulanglah lihat orang tua, mumpung kalau kita bisa. Apalagi kalau udah brtahun2 tidak pulang, wadow !. Gw baru sadar sekarang, waktu alm papa mau dikubur, saat itulah kakakku menangis, cuman karena inget gw adiknya yg nggak akan bisa lihat alm lagi. Inget banget, waktu mau pindah ke Thailand dari US, mampir ke Indo Ayahanda bilang ini bawa barang2 ini, buat kamu, buat rumah kamu disana. Wah babe, waktu itu belum dapat rumah, belum tahu rumahnya kaya apa, besar ? kecil ?. Barang2 gw sendiri aja udah banyak betul. Yah gw tolak toch, waduh inget banget dengan galaknya alm bialng, bawa ini ! sampai sana buang !. Aduh takut gw. Yah akhirnya terpakasa beberapa gw shipped kesini. 2 bh kursi malas besar dan kuno, 1 meja marmer kecil, lukisan, kursi2 malas 2 bh lagi ( kursi gobang ), yg kesemuanya antik. Sekarang gw tidak menyesal sama sekali, ternyata rumah yg sekarang gw tempati ini luar biasa besarnya. Sekarang kursi2 itu jadi indah sekali kita taroh di ruang kerjanya Dudi di lt atas. Kursi2 gobang bisa ditaroh di r makan hari2. Lukisan2 cantik. Banyak banget omongan ayahanda yg baru sekarang2 ini kesemuanya jadi benar. Dulu2 gw ngapain aja sih. Dulu ayahanda selalu bilang mulut orang tua ini selalu memberi tahu untuk anaknya sampai mulutnya berhenti sampai akhir hayat. Rasanya dulu gw sering masuk kup[ing kanan keluar kuiong kiri. Kalau soal makanan, mama sama alm ayahanda ada bedanya sedikit. Kalau mama suka segala macam. Kalau ayahanda mostly makanan jawa saja. Nah sekarang anakku yg pertama deket banget dulu sama alm opanya, jadi nggak heran kalau sekarang dia juga seneng banget sama yg namanya jajanan pasar. Nah yang ini gw nggak bisa bikinnya, susyeh yah. Kecuali kolek atau pisang goreng, lah tapi kalau klepon ?, putu mayang ?...... My beautiful chairs....